Pages

Benda kecill, putihh, mungilll, imut, dan lucu itu membuatku HAMPIR KURUS!!!

0 komentar

Sariawan (bukann Sari dan Awan...)
Sariawan atau stomatitis adalah radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Bercak itu dapat berupa bercak tunggal maupun berkelompok. Sariawan dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun tidak tergolong berbahaya, namun sariawan sangat mengganggu.

Sariawan dapat disebabkan oleh kondisi mulut itu sendiri, seperti kebersihan mulut yang buruk, pemasangan gigi palsu, luka pada mulut karena makanan atau minuman yang terlalu panas, dan kondisi tubuh, seperti adanya alergi atau infeksi.

Sariawan identik dengan kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin itu memang mengakibatkan jaringan di dalam rongga mulut dan jaringan penghubung antara gusi dan gigi mudah robek yang akhirnya menyebabkan sariawan. Namun, kondisi tersebut dapat diatasi jika kita sering mengonsumsi buah dan sayuran.

Sariawan umumnya ditandai dengan rasa nyeri seperti terbakar yang terkadang menyebabkan penderita sulit untuk menelan makanan, dan bila sudah parah dapat menyebabkan demam. Gangguan sariawan dapat menyerang siapa saja, termasuk bayi yang masih berusia 6-24 bulan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis (seperti emosi dan stres) juga merupakan faktor penyebab terjadinya sariawan. Kondisi lainnya yang diduga memicu sariawan yaitu kekurangan vitamin B, vitamin C, serta zat besi; luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur; luka karena menyikat gigi terlalu keras atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang; alergi terhadap suatu makanan (seperti cabai dan nanas); gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi); menurunnya kekebalan tubuh (setelah sakit atau stres yang berkepanjangan); dan adanya infeksi oleh mikroorganisme.

Sariawan dapat diredakan dengan menggunakan beberapa jenis obat, baik dalam bentuk salep (yang mengandung?antibiotika dan penghilang rasa sakit), obat tetes, maupun obat kumur. Saat ini, sudah banyak tersedia pasta gigi yang dapat mengurangi terjadinya sariawan. Jika sariawan sudah terlanjur parah, dapat digunakan antibiotika dan obat penurun panas (bila disertai dengan demam). Sariawan umumnya akan sembuh dalam waktu 4 hari. Namun, bila sariawan tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter, karena hal itu dapat menjadi gejala awal adanya kanker mulut.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sariawan, antara lain yaitu menghindari kondisi stres; sering mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi; menjaga kesehatan atau kebersihan gigi dan mulut; serta menghindari makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada rongga mulut.


---------------------------------------------------------------------------------------------------

aaarghh...
Ya ALLAAH..
apa ini?
benda kecill mungilll, imut, dan lucu ini yang membuat hidupku sangat menyedihkann???
Ya ALLAH,,
jangan buat diriku menjadi KURUS karena pnyakit ini..
huwhuhwuwhuwuww..


------------------------------------------------------------------------------------------------

aduh,, awww,,,, aaaaaaaaaaaaaaaaargggggggggggggggggg.hhhhhhhhhhhhhhhhh

udah,.,
stoopp..
jangan ngamuk donkkk!
iya deh maap,,
nanti mamah gag nyebut2 nama kamu lagi dehh..

*dhedhe lg ngobrol sama makhluk kecill mungilll, imut, dan lucu itu..*



*auTisss*

Ultah. Ulangan. Koran. Telur. Lotion. dan Hidungku!!

5 komentar
15 dESember 2008, 23:58

"are u ready kids?? ai.. ai.. kapten.. ai can't hear yu.. uuuuuuuu..."


hape ku berbunyi.
lagu kebangsaan kerajaan BIKINI BOTTOM,
mengalun dengan volume maksimal di malam buta ini...

kubangkit dari kediamanku, menyentuh tombol ber-angka di hp ku.
tuiit...tuittt...tuitt..
(kira2 begitulah bunyinya.. hhe)

ada esemes..
ternyata dari seseorang.
yang memang menjadi seseorang untukku.
(ce ile..)

yup.makasiii..
you're still the one!

lalu, sms berdatangan..
peringkat ke 2: ptnk (mantan tetangga ku yang tersaaayangg. hhe)
peringkat ke 3: echyy (teman seJOLI ku dr smp)
peringkat ke 4: astrii (tetanggaku yang dulu hilang. dan kutemukan ia sekelas denganku!!)
peringkat ke 5: chan.inyoll (sahabatku dari esempee.)
peringkat ke 6: k'nisha (kk klasku yang palingg kusaayang, sama tanggal lahirkuu!)
peringkat ke 7: ichal (tmen jurnalistiik)
peringkat ke 8: kakaa' dodoll (orang yang pernah mengisi ruang hati ini,. cie..)
peringkat ke 9: rhia (sahabaatku yang palinggg baekk,, sahabat betulan!!)
peringkat ke 10: emil (bahan gozipanku di sekolah,, hhi.. my day is nothing without gossip!)

yah,.,,
itulah nama2 yang berhak mendapatkan ucapan trima kasih yang paling buanyaak.
karena memang terlihat,
siapa yang sungguh-sungguh.


setelah puas ngecek fs,
dan berjutaan orang yang ngucapin..
(over nya deh..)

akhirnya, pd pukul 00:35 kuputuskan untuk mengakhiri masa terjaga ku,
kumenutup mata dan brdoa agar hri ini mjd hari terbaik untuk bersyukur ,,


-------------------------------------------------------------


pagi menyongsong,
udara semakin hangat,

berbeda dari biasanya,
ku bangun pagi2 banget.
bangun langsung wudhu dan memakai mukenah lalu melaksanakan perintah agama.

papaaku bangun.
ia bangun sperti biasa
(ya iyalah... masa mau bangun sambil salto??)

sperti hari2 biasa, tanpa mengubah aktivitas sedikit pun.
ia melakukan aktvitasnya.
kutermangu dihadapannya, menatapnya dengan penuh harapan,
ia hanya melihatku sedetik, lalu bicara, "siapa liat pulpen nya bapak?"

rupanya papa lupa..

dalam hati kuberkata.. "BAPAAAAKK,.,,, 16 tahuunmi anak yg kitaa nafkahii slama iny.. bahas ka dule bapaakk"


tapi itu nda mungkin ku ucapkan.
terlalu banyak hal yang harus beliau pikirkan, dibandingkan memikirkan hal ini..


kuambil buku bertuliskan DEUTSCH for beginner
(begini kah tulisaannya? sotta) yang jelas buku ini buku bahasa Jerman.
krn bentar ulangan jerman,

kumulai membaca...
sampai akhirnya ku berpamitan pada mama dan papahh untuk menuntut ilmu di sekolahku tercinta..


turunn dari mobil,
beli koran TRIBUN TIMUR.
ku baca sedikit,

beritanya
tentang mantan presiden AS Bush yang dilempari spatu sama wartawan Irak..

baca sambil
masuk di kelas.

ada bayu marco langsung ngucapin met ultah.
disusul oleh tman2 kelasku, yang baru ingat!

yah..
mereka salamin, aku juga nyalamin.
(ya iyalah.. masa' mreka nyalamin, trus gw jilatin tangannya??)

sesudah proses penyalaman.
kukembali di kehidupan nyata.
bergeliut di dunia perJERMANan.
disertai bayang-bayang wajah BU MUS di angan kami..

------------------------------------------------------------

ulangan berlangsung,

pengawasnya bu sUMI.
wali kelasku yang paling gaull.
ngakuunya gag suka ikud campur urusan anak2,
tapi sampai cucu anaknya eyang kakung, ( kangkung?? ) saudara tirinya anak adik spupunya tmenku dia tau popoknya waktu kecill nya merek apa. hho
(maafkannka bu sumi..*)


humm.
kami ujian,
bu sumi pernah berbisnis denganku ttg Tupperware, (so??? )
trus bu sumi melihat KORAN tergeletak dengan pasrah dan tak berdaya di depan meja guru.

"Eh... koran siapa ini? jangan ko sogok ka dengan koranmu. sya nda suka baca koran.!!"
kata bu sumi dengan mendok jawanya yang kental maniss.

DEG !
ngeness..


aku tag tahu,
apakah karena teman2ku baik,,
ataukah krn mreka btul2 nda tau siapa yang punya sbnarnya??
mreka tag menjawab.

mreka hanya geleng-geleng kayak ayam sakit.

*ajeb,,ajebb*

weleeh..
lanjuut deeh, ulangan begitu mendabarkan. soal yang diberikan, bukan soal manusia. Soal binatang.
ampuunn.. susahnya..

teman2 yg udah geleng-geleng tadi malah teriak-teriak nda jelas.
"bu.. dhedhe ultah bu.. ihiiiii... cie.. cie... traktir.. suit..suit.. bruum,, brum,, ckiiit... gubrakk!!"
suara mereka menggelegar seperti ayam berkokok mati dipinggir jalan.

trus tiba2 ibu sumi bilang..
"oh, iya kah??? Tawwa dhedhe paling tinggi nilai bahasanya,berapa lagi nilai bahasamu dhedhe?"

Timingnya sangat tidak tepat!

*saat itu dhedhe lagi masang kuda2 siap siaga mau bertanya sama Tiara.*

"dhedhe???"

"oh.. iye.. ehm, dpt 93.33 bu.."

saat itu, seolah rambutku tertiup angin dengan slowmotion.. dan menjadi pusat pandangan semua insan jagad raya ini..

"Itumi hadiah ulang tahunnya ibu ke kau.!!"

"Wihiiiiiiiiiiii......... kwaaak... kwaak... kwakk.. cihuii.cihuii...ckurr..kurr.. kaing... kaingg.."
suara teman2 teriak2..


huhuhu..

kayak mami apaa..

hhohohooo.


sudaah itu, jam kedua (kimia) di awasii sama bu Erni.
tapi duet maut dengan bu Ipa (sang Legenda).
al hasil tak berkutiklah kami selama 1,5 jam dari 2 jam masa ujian.

parahnya lagi,
bu ipa yang terkenal GARANG ini nanya , "Siapa yang bawa ini koran?"

*mampuusss ma..*

tiap dengar kata koran, terputarmi perutku.
ufhht. mati ma ini kalo ada yang ngakuu..

hening sesaat,
nda ada yang menjawab.

bu Ipa tidak menyerah,
dia tanya Asnuur,
"Kamu asnur??"

"bukan bu.."

"ih.. siapa paeng yang bawa, tanggal berapakah hari ini?"

"16 bu.."

"itu, benarmi! masa ada koran tapi nda ada yang punya?.
Reza, (mantan ketos yang bisa dipercaya!) siapa yang bawaaa ini???"

'reza,, jangko bilang2 nahh..'
bisikku di tempatku dengan volume terkecil, sampe2 saya juga nda bisa dengar suaraku sndiri.


"hm.. nda tau juga siapa, bu.. !"

aku masihh bingung,
apakah karena reza baik ataukah karena dia betul2 tidak tau?
ternyata Reza betul-betul tidak tau. hha XP


huhft... selamat!!
makasih Allahh,,
betul betul membawa petaka KORAN itu.
untung saja ayam2 ini jinak semua.
ujian pun selesai, dan diriku beranjak ke tempat fotokopian
------------------------------------------------------------


huh. rame bangeet.
teman2 tetap berdatangan memberi ucapan selamat,
yah..yah..yhaa..
makasi.makasii.

agak kcewa sih sbnernya,
soalnya sahabat2ku banyak iang gag ingat.
huhft..
mereka terlalu sibukk memikirkan ulangan.
hweeeeeeeeee.......


di depan ada henry, dian, sasti, nunu, tifa, ria.
mereka sibuk.
sya juga sibuk.
kami sibuk.
dan kamu juga sibuk.

lho??


tapi..
mashiita langsung ngucapin selamat,
trus henry juga datang.

"astaga,, istriiku.. lupaka hari ulang tahunmu.. sori nah..maafkanka!!"
katanya, dengan logat Tiong Hoa nya yang kentall pahit.

"ededeeh.. udah deh.. bombe' mkoo!!"
kata dhedhe dengan ekspresi anehh pertama.

henry memohon2 di depanku.
memohon agar aku memaafkannya.
gayanya seperti itu mengingatkanku dengan gaya orang2 Tiong Hoa lainnya ketika sembahyang di kuilnya, ngangguk2 sambil memegang dupa.
took...tok...tok..



hmm,
lanjuut.
setelah curhat sedikit sama tman kelasku.
tiba2 sahabat2 anehku datang,
ternyata henry nda mau dibombe' sendirian,
dia memanggil Sasti, dian, nuunuu, tifa untuk ikut dengannya.

mereka datang menghadapku.
seolah memohon zakat dan subsidi BBM,
mereka menyalamiiku satu persatu.
nuunnuu ma tifa belakangan.

dua pinguin itu
pake basa basi..
"eh,, lo ulang tahun ya?? ulang tahun ko kahh?? btulannkoo?? "
*ekspresi aneh kedua merajalela di wajahkuu*

"ehehehee.. iyo pade' sayangg.. hepi bertdey nah.. mmmmuuuaaacchh"
nunu super.montok. dengan gairahnya yang meluap-luap mencium ku.
(lalee skali bahasaa ku,, ihh...)

disusul dengan tifa.super.imut yang memelukku dengan susah payah,,
dan sasti. super. koro juga memelukkuu


mmmuuachhh..
sayang deh sma smuanya..
-----------------------------------------

setelah itu,
terjadi kebodohan yang bodoh.

Henry datang sedikit berlari, diselingi guncangan bumi yang sangat dahsyat.
membawa botol AQUADES kesayangannya , yang berwarna putih kehijau2an (mulai lumutan.. saking disayangnya)
hasil isi ulang minuman dirumahnya , ia menciprat2kan airnya sedikit ke muka ku,,
(emangnya saya tanaman, disiram sedikit2??)


anag2 tertawa mlihat tingkah henry yang gag bangeet.

"ededeeh... tolonya ini henry! jangan siram stengah2... begini caranya.."



BYURRRRRRRRRRRR............ BYUUUUUUUUUURRRRRRRRRRRRRRRRRRRR....... SQUASH.................... BULBUBLBBUBBULLLLLBB..... KAING... KAING.. MEONG... uhuhhkk...


hahaha.
rambutku kurang lbih 300 helai basah.
akuu masi trtawa2.
karena masih 300 helaiji.



BYURR... BYUUUUUUUURR..... BYYYYUUUUUUUUUUUUUUUURRRRRRRR.. HOSHH... HOSH.. HIYAAAATTT........

RAMBUTKU 900 HELAI BASAH.
mereka mulai bahagia.
secercah cahaya nampak diwajah mereka.
tapi ketawaku mulai memudar.


BYURRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR CROOOOOOOOOOT.................. BYUUUUUUUUR.............. SPLASH.............. OUUUURRHH............
BRRR.... BRR...

astaga.
air dingin.
air beku lebih tepatnya.
Rais menyiramku dengan air yang tidak senonoh..

mampuuss..
kepalaku olengg.
3000 helai rambutku basah oleh air dingin.
mereka masih ketawa2.
saya pun masih senyum sedikiit.
senyum menahan dingiin yang menyelimuti tubuhku ini.

belum sempat mengembalikan darahku ke otak,
tiba tiba seseorang memukul kepalaku dengan sebutir telur
cara pukulnya sangat keras.
keraas sekali.
ternyata rien,
teman main2ku di kelas.

kumemegang kepalaku sambil senyum.
senyum itu tetap ada walaupun sakitnya sangat terasa.
membekas sampai di otak kecilku.


kuberjalan sedikit,

tapi
kepala pusing.
sakit dibagian kiri,
sesuatu mengucur dari hidungku.


aku memilih untuk tidak melihatnya.
aku takuut mereka yang sedang tertawa melihatnya.

aku menunduk.
aku takut mereka sedih mengetahuinya.

aku memilih diam dan mengambil sisa tissue dari saku ku,
ku lap hidung ku dengan cepat.
ku kembali ceria seolah tak terjadi apa2 padaku.

----------------------------------------------------

padahal ini adalah hari ulang tahunku,
mengapa harus terjadi saat ini?

kenapa bukan besok??
atau hari lain, ya Allah?




--------------------------------------------------
to sahabatku : ketika kau membaca ini, jangan sedih sahabat, sahabatmu ini akan slalu ada disampingmu, walaupun kadang ada sesuatu yang kusembunyikan, tapi pastikan kutakkan bersembunyi darimu, saat kau membutuhkanku

tetapi aku harus menyembunyikan 'ingus'ku yang meleleh tadi..
hahahahhaaaa...




pisss out!!
mmmmuchh..
16th brthday on 16 december 2008!!